Bagaimana Cara Memulai Usaha Daring tanpa memiliki Skill apapun?

Hai, saya Lintang dari Lapakninja.com mau coba bantu jawab ya. Jawaban saya ini murni keluar dari isi otak aja jadi masih mungkin ada jawaban yang lebih baik dari saya apalagi kalau dilengkapi data, wah!. Maka jadikan jawaban ini sebagai salah satu opsi aja ya

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan di dunia online, mulai dari jadi Influencer, Affiliate marketer, jasa maupun berjualan online. Mana yang terbaik? tergantung dari beberapa hal.

Ada 3 indikator yang perlu diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk terjun secara penuh dalam sebuah bisnis / projek jangka panjang, yaitu :

  1. Adakah Pasarnya? seberapa jauh kita bisa mempengaruhi pasarnya
  2. Adakah Skillnya? sebisa apa kita memenuhi kebutuhan pasar. Jika belum bisa namun pasarnya bagus, maka berapa lama waktu yang diperlukan untuk mempelajarinya?
  3. Adakah passion nya?

Ada pasarnya nggak ada skillnya? selama ada passion maka kita selalu punya “bensin” untuk belajar skillnya. Nggak ada pasarnya tapi ada skillnya? selama ada passion maka kita bisa getol cari ke ujung-ujung gang untuk cari orang yang mau beli produk kita. Kalau nggak ada passionnya? ya nggak langgeng aja.

Dari ketiga indikator di atas, yang paling mudah tentu menemukan passionnya dulu. Anggaplah kita sudah ketemu nih passionnya di bidang handicraft dan punya skillnya. Pertanyaannya, gimana cara mulai jualannya? ada setidaknya 5 tahapan yang harus dilakukan.

  1. Riset pasar
  2. Ciptakan produk sesuai kebutuhan pasar
  3. Bangun infrastruktur digital
  4. Komunikasikan produk / layanan kita
  5. Monetisasi

Riset Pasar

Banyak cara untuk melakukan riset pasar, untuk jasa kita bisa gunakan bantuan google untuk mencari kata kunci apa yang paling cocok untuk jasa kita, sedangkan untuk barang bagusnya ya riset di Marketplace. Nah Lapakninja bakal bantu kamu riset produk di marketplace dengan jauh lebih mudah.

Di Dashboard Lapakninja, ada 18.000 list produk terlaris di Marketplace, jadi kita nggak perlu lagi bingung cari produk yang oke buat dijual di pasar marketplace shopee dan tokopedia. Di sini tercatat kategori perlengkapan pesta dan Craft menduduki posisi tinggi sebagai kategori terlaris di Shopee maupun tokopedia. Sekarang kita coba cek produk seperti apa sih yang cukup diminati di marketplace

dari list Lapakninja ada banyak produk yang masuk kategori trending dan hot, nah salah satunya produk ini nih

Produk ini sudah mengumpulkan omset kurang lebih 50 juta an dengan jumlah terjual yang nggak dikit. Bisa nih dijadikan salah satu produk yang akan kita buat dengan keahlian handicraft kita

Di Lapakninja ada banyak lagi sih rekomendasi produk yang bisa kita coba jual. Lengkap dengan analisa mendalamnya. Hemat banget buat kamu, apalagi sekarang cuma bayar sekali bisa dapetin akses ke dashboard lapakninja selama 1 tahun. Keren banget kan.

Jika kita sudah dapat produknya, maka lanjut ke langkah ke dua

Ciptakan Produk

buat tahap ini kembali lagi ke masing-masing pebisnis ya, sesuai dengan skill atau resource yang dimiliki. Intinya kalau dulu kita buat produk asal-asal an aja dengan berharap akan ada yang beli, dengan kita sudah riset produk terlebih dahulu sekarang kita lebih terarah dalam proses inovasi penciptaan produknya. Misalkan produk yang laku punya fitur 4, maka kita coba buat 5 fitur dengan harga yang sedikit lebih mahal. Atau samakan fiturnya tapi efisien di bahan sehingga bisa lebih murah.

Namun, jangan terpaku dengan kesempurnaan produk ya. Sesegera mungkin launching produk kita, sehingga kita bisa sesegera mungkin dapat feedback dari konsumen lalu bisa kita perbaiki kembali produk di masa depan. Nggak ada produk yang langsung sempurna jadi dalam sekali launching

Bangun Infrastruktur Digital

Tahap ini berjalan pararel dengan tahap ke 2. Membangun infrasturktur digital ini termasuk membuat laman website, toko online di shopee maupun tokopedia, sosial media dan platform lain yang memungkinkan. Yang perlu diingat, jika kita masih memulai semua usahanya sendiri maka jangan terlalu pusing pegang banyak platform. Cukup fokus 1 saja dulu, jika sudah mendapatkan penjualan yang baik dari platform tersebut baru kita kembangkan lagi di platform lain.

Komunikasikan Produk

Tentu dengan punya produk bagus dan toko yang cantik akan percuma jika tidak kita informasikan ke calon konsumen kita. Tahap ini agak panjang karena untuk menggapai mereka ada banyak strategi, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Namun, strategi apapun yang kita gunakan akan jauh lebih mudah menggapai calon konsumen kalau kita memberikan konten yang bermanfaat untuk user, bukan hanya postingan jualan aja, ini sih nggak ada manfaatnya buat mereka. Ujung-ujungnya komunikasi tidak terjalin dan tentu tidak akan terjadi penjualan

Monetasi

Setelah kita lakukan beberapa tahap di atas, baru kita bisa berharap terjadinya monetasi / penjualan. Memang perlu waktu dan tenaga untuk membangun ini semua, nah di sinilah peran passion yang jadi sangat penting sebagai bahan bakar kita melewati semua prosesnya. Kabar baiknya jika kita rajin membangun infrasturktur digital kita bukan nggak mungkin kita akan dapat tambahan income stream di luar produk yang kita jual sekarang. Asik ya?

Kesimpulan

Memulai bisnis digital itu memang melelahkan karena tidak hanya memeras pikiran dan waktu, namun juga seringkali memeras perasaan. Seringkali yang sudah kita bangun tidak terlihat “bentuknya” entah tidak ada yang lihat atau tidak ada penjualan. Namun sama seperti bisnis lainnya jika kita jalani prosesnya dengan tekun dan sungguh – sungguh, pasti ada ganjarannya di kemudian hari. SEMANGAT!

Semoga bermanfaat. Terima kasih


Mau Jualan Online tapi Bingung Pilih Produk? Tahukah kamu 80% Seller Online Gagal mendapatkan Penjualan Pertamanya karena Salah Pilih Produk. Jangan sampai kamu jadi 1 dari 80% seller tersebut. Bingung Pilih Produk? pakai aja Lapakninja.com kami berikan ribuan rekomendasi Produk Terbaik untuk dijual kembali di marketpalce lengkap dengan data historikal dan indikator pendukung lainnya, jadi sekarang pilih produk nggak lagi pakai perasaan semua pakai Data

Yuk Mulai Bisnis Onlinemu dari sekarang! Kalau bingung pilih produk, Lapakninja punya Jurusnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *